Wednesday, January 19, 2011

tips menghadapi stress


since lately aku asik stress
aku mintak tolong incik gugle pasal stress nih ..
jom..kita hadapi stress

Langkah bijak menghadapi stress
Definisi stress
Stress merupakan reaksi tubuh manusia terhadap stressor. Reaksi tersebut merupakan upaya untuk menyesuaikan diri terhadap gangguan keseimbangan diri, yang mengakibatkan terjadinya proses homeostasis, yakni proses agar manusia tetap sehat. Usaha tersebut dilakukan agar tubuh dan jiwa bisa menghadapi bahaya.
Hasil penelitian dari Hans Seyle, menunjukkan bahwa penyesuaian pada tubuh menyebabkan cortex cerebri (bagian otak untuk berpikir) memberi tanda bahaya kepada hipotalamus (otak tengah). Saat itu, terjadilah rangsangan pada system saraf simpatis yang menyebabkan perubahan pada system tubuh, diantaranya: denyut jantung bertambah cepat, tekanan darah meningkat serta tubuh mudah mengeluarkan keringat. Bila stress tidak lagi terkontrol, maka kelenjar adrenal akan mengeluarkan kortikoid yang menyebabkan hambatan pada system pencernaan, reproduksi bahkan respon kekebalan.

Menghadapi stress
Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi stress, diantaranya:
1.Relaksasi
Pada jam istirahat, cubalah untuk melakukan relaksasi otot secara progresif. Lemaskan otot-otot tubuh dengan bertumpu pada tangan, lengan, muka, kepala, leher, bahu, dada, lambung dan punggung bawah, lalu terakhir ke daerah kaki. Tiap otot ditegangkan selama 5-7 saat kemudian dikendurkan selama 12-15 saat. Prosedur tersebut diulang sampai 5 kali. Kaedah relaksasi ini boleh membantu untuk meredakan stress yang anda alami
2.Terapi muzik
Seorang pakar bernama Corelini telah meneliti pengaruh positif muzik terhadap kesehatan jiwa. Muzik dapat memperbaiki gangguan psikologis dan mengembalikan tubuh pada kondisi normal. Pilihlah muzik yang sesuai dengan minat anda. Muzik tersebut kemudian diputar dengan durasi 10-30 minit .

3.Berolah raga
Dengan berolah raga, anda boleh melepaskan ketegangan yang kerapkali anda alami di tempat kerja dan menggantinya dengan memberikan suasana rileks pada tubuh.
4.Selesaikan masalah anda
Jika anda memiliki masalah dengan atasan atau dengan rekan sekerja seberapa besar usaha anda untuk mengatasi rasa stress tersebut, tentu saja tidak berhasil kerana anda tidak menyelesaikan dari sumber permasalahannya.
5.Ubahlah persepsi negative yang anda miliki selama ini
Cubalah untuk berpikir positif dalam melihat suatu permasalahan di tempat kerja anda. Atasan yang marah-marah pada anda bukan bererti ia sentimen atas hasil kerja anda. Tapi cubalah ambil positifnya bahawa atasan anda memberikan suatu masukan atau feedback yang berguna untuk pengembangan kinerja anda di kemudian hari. Segala sesuatunya bersumber dari pikiran. Kuncinya dalam menghadapi stress adalah just positive thinking.

ok. selamat menghadapi stress.. chill.smart working



0 surat cinta ♥ :